Translate

Halaman

Rabu, 06 November 2013

Wisata Kota Tua Jakarta

Museum Sejarah Kota Jakarta

Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta adalah salah satu destinasi yang paling diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena ada banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah pada zaman penjajahan Belanda seperti gedung-gedung tua, museum- museum bersejarah, dll.

Datang ke Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Semua yang ada di sana tergolong murah meriah untuk sebuah tempat wisata. Selain itu, kita juga bisa belajar dari peninggalan  sejarah yang ada di sana.

Cocok sekali untuk pelajar, mahasiswa, dan yang ingin belajar sejarah. Buat yang suka fotografi, kawasan ini sangat cocok karena banyak sekali obyek-obyek yang keren, terutama yang suka dengan konsep klasik. Atau kamu ingin berencana foto pre wedding, bisa juga loh datang ke sini. Tinggal cari tempat yang cocok buat setting-nya.

Gedung dan Museum yang ada di kawasan ini diantaranya :

1. MUSEUM WAYANG

Museum Wayang. Gedung ini awalnya bernama Gereja Lama Belanda (De Oude Hollandsche Kerk) dibangun pada tahun 1640 M. Pada tahun 1732 M, gedung ini diperbaiki dan berganti nama menjadi Gereja Belanda Baru (De Nieuwe Hollandsche Kerk). Namun, terjadi gempa bumi pada tahun 1808 M yang menyebabkan sebagian bangunan ini hancur. Kemudian dibangun lagi pada Tahun 1912, dan dijual oleh pemerintah Hindia Belanda kepada sebuah perusahaan yang bernama Geo Wehry & Co serta dijadikan kantor hingga tahun 1934. Pada tahun 1936, kepemilikan gedung ini berpindah lagi setelah dibeli oleh sebuah Lembaga Ilmu Pengetahuan, Seni dan Budaya di Batavia milik pemerintah Belanda. Baru pada tahun 1957, gedung ini diserahkan pada Lembaga Kebudayaan Indonesia dan secara resmi dijadikan Museum Wayang pada tanggal 13 Agustus 1975. 

2. Museum Sejarah Jakarta

Museum yang paling dikenal travel dan identik dengan Kota Tua Jakarta adalah Museum Sejarah Jakarta atau biasa dikenal dengan Museum Fatahillah. Museum ini tepat berada di depan pelataran Kota Tua, tempat biasanya wisatawan duduk dan menikmati keindahan suasana Kota Tua.

Masuk ke dalam, turis akan disuguhkan dengan berbagai koleksi yang menceritakan sejarah Jakarta. Museum ini terbagi atas beberapa ruang, seperti  Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik

Masih berada di sekitar pelataran utama Kota Tua, ada lagi museum lain yang tak kalah keren untuk dikunjungi, yakni Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum ini memajang keramik lokal dari berbagai daerah.

Masuk ke dalam, pengunjung akan dihadapkan dengan aneka keramik dan kerajinan seni, seperti lukisan. Untuk koleksi seni rupa, museum ini menampilkan patung-patung, seperti patung Asmat.

4. Museum Bank Indonesia

Museum keren ke-4 yang ada di sekitar Kota Tua adalah Museum Bank Indonesia. Museum ini berada agak jauh dari Museum Fatahillah. Meski begitu, kalian tetap bisa mengunjunginya dengan berjalan kaki.

Museum ini menyajikan berbagai informasi mengenai peran Bank Indonesia. Meski menceritakan sejarah, museum ini tidak akan membosankan karena semua informasi disajikan secara modern dan menarik.

5. Museum Bank Mandiri

Berada tepat bersebelahan dengan Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri juga ramai dikunjungi wisatawan saat ke Kota Tua.

Di dalamnya, kalian akan diberikan informasi mengenai asal mula terbentuknya Museum Bank Mandiri. Tak hanya itu, museum ini juga mengoleksi uang Rupiah dari tahun ke tahun.

Ayo datang ke Kota Tua Jakarta sekarang! Cek paket termurah terbaik di sini !

0 komentar:

Posting Komentar